Monday 9 December 2013

Senasib episode 2

    Selamat bulan Desember semuanya!! wah kalo kata orang jawa bulan desember itu Gedene Sumber alias Besarnya Sumber. Nggak heran kalo hampir setiap hari hujan turun dengan berbagai macam bentuk. Dari yang rintik-rintik, gerimis, gerimis deres, hujan ringan, hujan, hujan deres, hujan gede-gede, hujan angin, hujan badai, pokoknya variatif banget. Kadang yang turun juga hujan monyet, tau dong hujan monyet, itu loh hujan ditengah hari dengan cuaca cerah dan matahari terik. Entah siapa yang mencetuskan nama hujan yang unik itu, syahrini barangkali. Do'i kan hobi banget tuh ngasih nama sembarangan.
     Masih nyambung masalah kemarin nih, yaitu masalah tahun baru. Inget kan kemarin saya optimis banget nih kalo tahun ini saya akan menghabiskan malam tahun baru saya dengan kawan-kawan dekat saya sewaktu SMA dulu. Alasannya sih simple, kebanyakan dari kami belum memiliki pasangan. Belum atau nggak laku sebenernya sih beda tipis kali ya, yang membedakan hanya strata dan image yang dibawa dari kedua kata tersebut. Tapi kalo buat saya mah, jomblo jomblo aja keles pake kebanyakan alibi kayak maling helem kepergok security aja.
     Teman saya yang satu ini juga salah satu yang masih setia. Setia pada kesendirian nya. Kasian tititnya cuma kepake buat kencing doang. Hhhh. Tapi begitulah, dia jomblo udah hampir 2 tahun kayaknya, hampir sama lah kayak saya. Hehehehe. Iya-iya saya jomblo lebih dari 2 tahun! Tinggal baca aja pake nggak terima segala.
      Diantara yang lain, saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan kawan saya yang satu ini. Salah satu alasannya sih karena kami memiliki bisnis bersama. Saya dan dia sudah bekerja di bidang pembuatan pakaian hampir lebih dari 3 tahun. Kami kemudian mengumpulkan modal bersama untuk selanjutnya mulai memproduksi pakaian sendiri. Yah walaupun modalnya tidak seberapa namun lumayan lah buat tambah-tambahan uang jajan.
     Sewaktu SMA kami selalu satu kelas, entah kebetulan apa memang jodoh. Awalnya saya tidak terlalu mengenalnya. Di kelas satu SMA saya sangat jarang berkomunikasi dengan kawan saya yang satu ini. Dulu kelas saya terkenal sebagai gudangnya anak-anak tengil, kecuali saya tentunya. Kebanyakan dari mereka berasal dari SMP yang sama sehingga mereka sudah akrab sebelumnya. Sedangkan saya berada dari SMP beda rayon sehingga benar-benar memasuki dunia baru dan orang-orang baru di bangku SMA.
     Dulu nih ya saya sempat naksir sama salah seorang cewek di kelas saya. Yah perawakannya montok kayak ayam broiler disuntik air gitulah. Kulitnya putih, rambut hitam panjang, dan kalo kata anak-anak boncengannya enak. hehe. Entah apa maksudnya. Saya pun getol mendekati cewek ini, sampai suatu saat saya tahu bahwa mantan pacarnya waktu SMP juga sekelas dengan kami. Yo'i bener mamen, dia adalah mantan pacar dari kawan dekat saya yang lagi saya ceritain, sejak saat itu saya jadi sering memperhatikan kawan saya ini.
     Tapi namanya juga cewek cantik ya banyak juga yang deketin si cewek ini. Akhirnya saya sering melakukan hal-hal yang seutuhnya terinspirasi dari novel teenlit yang saya baca. Yah mulai dari nulis cerpen di mading kelas tentang si cewek yang cantiknya nggak ada matinya (menurut saya waktu itu), kemudian sempet juga buat puisi anonim trus diselipin ke dalam kotak pensilnya waktu istirahat, sampai salam-salam nggak jelas lewat siaran radio yang sering dia dengerin.
     Eh kok jadi bahas nostalgia saya sendiri ya, hahaha, maaf suka salah fokus. Pokoknya saya nggak begitu kenal lah sama kawan saya yang satu ini pada awalnya. Kemudian kelas dua kami ditempatkan dikelas yang sama. Nah saya mulai kenal sama dia sewaktu tau kalo dia itu pacaran sama sohib kentel saya jaman SMP. Dari sana kami sering berkomuikasi, mendengarkan dia bercerita tentang pengalamannya nembak si cewek. Dia sempat naik sepeda dari Semarang daerah bawah sampai Semarang daerah atas sambil membawa kebulatan cintanya. Maklum waktu itu masih ngetrend-ngetrend nya acara 'Nyatakan Cinta'.
     Selain itu kami juga sering mengerjakan tugas bersama. Eh saya yang mengerjakan dan dia yang menyalin lebih tepatnya. Dan semakin akrab lagi begitu kami memutuskan untuk bergabung dalam kelompok yang sama dalam mata pelajaran seni tari. Kawan saya yang satu ini adalah seorang breaker yang terkenal sewaktu SMP(katanya sih). Jadi masalah koreo dan teknik kami serahkan pada ahlinya (walau setelah itu dia mengundang temannya yang lain untuk melatih kami) akan tetapi hasilnya sangat memuaskan. Kami yang terbaik dari 3 kelas sampai ditawarin untuk perform di acara pentas seni sekolah segala.
     Sejak saat itulah kami mulai dekat. Apalagi ketika kelas tiga kami lagi lagi mendapatkan kelas yang sama. Yah begitulah ceritanya hingga kami bisa seakrab sekarang. Kalo kata Mamah Dedeh sih temen itu ada 4 macem. Yang pertama temen sebagai makanan, yang kita perlukan setiap hari pagi, siang, malam karena tanpa mereka kita akan kelaparan. Yang kedua adalah teman sebagai obat, dimana kita sangat membutuhkannya jika kita sedang sakit, ia bersifat penting namun tidak setiap hari kita membutuhkannya, karena kita tidak sakit setiap hari. Yang ketiga adalah teman sebagai penyakit, nah kalo ini kebalikan dari yang kedua nih. Mereka bisa membawa keburukan bagi kita, tapi mereka selalu bisa menyerang kita, apalagi kalo badan kita sedang tidak dalam kondisi prima. Dan yang terakhir adalah teman sebagai racun, wih kalo ini mah bahaya, harus dihindari dan dijauhi kalo nggak mau terserang virus.
     Kalo bagi saya teman saya ini adalah tipe yang pertama. Saya nggak tahu motif dia berteman dengan saya kenapa. Apa saya adalah tipe teman nomer satu juga apa mungkin nomer dua bagi dia yang hanya bisa diambil keuntungannya saja. Tapi yah karena saya tidak punya teman dekat seperti dia di dunia ini jadi ya saya singkirkan aja pemikiran itu dan nothing to lose. Yang penting kan saya tulus berteman. Au' deh die bagimane.
      Nah kalo temen saya yang satu ini juga terancam bareng lagi merayakan malam tahun baru bersama saya. Pasalnya sampai saat ini dia masih menjomblo, dan bahkan gebetan saja dia tidak punya. Lagian sih deketin cewek lewatnya chat facebook. Udah nggak jaman keles. Sudah dua tahun kami menikmati malam pergantian tahun masehi bersama dengan kawan-kawan kami yang lain. Dia selalu mendapatkan tugas membuat api untuk acara bakar-bakaran. Yah maklumlah anak laki dalam kelompok kami bisa dihitung dengan jari, jadi buat urusan bakar membakar ini kita serahkan aja buat laki tulen. Hahaha.
      Selain dia senasib dengan saya, dia juga seprinsip dengan saya. Kami menolak dengan keras bekerja sebagai pegawai negeri sipil atau pun kantoran yang sekiranya gampang korup. Alasannya sih bervariasi. Maklum masih muda pak/bu jadi masih idealis. Pertanyaan nya apakah idealisme kami akan berlangsung lama? hanya tuhan yang tahu tuh jawabnya. Duileh sok bijak banget saya, kayak caleg partai A,B,C yang lagi sibuk campaign untuk dompet mereka yang lebih baik.
      Yaudah segitu dulu cuap-cuap saya tentang kawan saya yang satu ini. Saya takut ntar ceritanya merembet kemana-mana soalnya saya tahu hampir semuanya tentang dia. Ntar malah pada kepo lagi tentang sosok yang saya bicarakan ini. Lagian baru bulan lalu temen saya ini megang smartphone android, atut kalo blog tentang dia kebaca. Dia kan lagi hobi tuh berburu pin BBm kemana saja dan dimana saja. Hahaha. Oke goodbye adios amigos!! Tabe'!

No comments:

Post a Comment