Friday 28 June 2013

Keluarga Telur Rebus

wah wah wah,udah main masuk akhir bulan ya. mau ketemu bulan baru dan bakal nginget-nginget nih siapa aja temen deket yang ulang tahun bulan juli. biar bisa nge-save gaji lah ya buat beli kado ultah atau sekedar kue tart mini. nah ngomong-ngomong masalah ultah saya kemarin habis di kado dong. hahaha, yah walaupun ulang tahun saya udah sebulan lalu ternyata teman-teman SMA saya masih inget. yah emang temen kentel sih, sekentel susu kental manis, lengket-lengket gimana gitu.
kalo boleh flashback, ini kado ketiga dari mereka. temen-temen kentel SMA saya yang menamai diri mereka NDOGODOG, saya termasuk anggota aktifnya juga sih. ndogodog sendiri berarti telur rebus alias boiled egg, dan apa filosofinya? entahlah, itu nama sisa kejayaan kami di SMA, kejayaan ABG ABG labil. ini adalah salah satu dari berbagai perkumpulan rempong yang saya ikuti. gimana nggak rempong, dari hampir 20 manusia di perkumpulan ini, cowoknya cuma 7 orang, dan 3 diantaranya jarang pake banget buat ngumpul.
asal-usulnya sih lumayan unik ya, gara-gara faktor tempat duduk waktu jaman SMA. yah wanita-wanita selalu bergerombol di satu deret supaya mereka lebih leluasa dalam bergosip dan bercanda. sedangkan saya nggak tahu kenapa bisa galak aja kalo mereka mulai berisik, apalagi waktu guru nerangin, bisa emosi jiwa saya mendengar suara mereka yang udah nggak main bisik-bisikan lagi. pokoknya kalo diibaratin saya itu dulu macam guru BK yang nyasar ke pasar lah, bawaanya pengen nyuruh penjual-penjual diem biar pasarnya tenang.
sedangkan deretan saya fifty-fifty, sederet nggak melulu cowok semua, tapi ada ceweknya juga. nah 2 deret bangku ini lah yang kemudian bersatu setelah mengalami berbagai macam gesekan sosial dan psikologi, dan membentuk ndogodog itu tadi. tapi ya jatuhnya emang banyak ceweknya pake banget, tapi tenang yang berkuasa tetep kami para lelaki kok. walau diatas kami masih ada nama Teteh yang sulit terkalahkan. teteh itu adalah wanita terkuat di grup kami. kuat secara fisik dan suara. bisa berdenging 3 hari 3 malam deh kalo habis di omelin si teteh ini.
budaya kado mengado dan memberi surprise itu dimulai sejak jaman sebelum nama ndogodog tercetus. waktu itu namanya perkumpulan babu-babu area semarang timur kalo nggak salah. yah bukan mendiskriminasi kawan sendiri, tapi memang kalo lagi ngumpul tertutama yang cewek-cewek bakal langsung ngerumpi kayak babu-babu yang lagi ditinggal majikannya kerja. waktu itu kami memang sudah berkawan akrab, dan sering main bareng. dari yang utama ke mall bareng, kemudian ke gelanggang olah raga bareng setiap hari minggu, sampai berjualan takjil berbuka saat bulan puasa. pokoknya yes you lah.
kalo boleh saya ingat-ingat, saya selalu hadir disetiap surprise yang diberikan. tapi saya satu-satunya yang tidak pernah diberi surprise. ini bukan hal yang mengenaskan. saya juga tidak butuh simpati para pembaca sekalian. karena saya pakenya smartfren.
surprise yang dikasih juga macem-macem, ada yang serombongan ikut semua, berasa mau bedol desa ke kalimantan. ada juga yang cuma di rayakan oleh 3 orang. caranya juga berbeda, tapi rata-rata sih ngasih surprise nya dirumah masing-masing. baru kemarin ini sih temen kami yang hobinya pake kerudung kemana-mana dikasih surprise pas nggak dirumah. habis gimana, dia nggak punya rumah. kita bingung juga mau ngasih surprise dimana. masa di pinggir jalan, malah dikira anak punk training ntar.
ada juga nih yang tahun ini ulang tahun juga, temen kami berambut keriting dan berbadan kurus kering, yang ini malah surprise nya gagal. saya nggak ikut andil didalamnya karena memang pada saat itu saya ada kerjaan di planet pluto. si yang punya ultah mergokin waitres caffe yang udah dipesenin untuk bawa kue ulang tahun sama temen-temen yang lain. mergokinnya ya pas si waitres itu lagi nyalain lilin. alhasil si yang punya ultah bawa sendiri tuh kue sambil nyanyi sendiri. nyanyi lagu perawan kalimantan kalo nggak salah.
tapi ya itulah, walau itu bukan ukuran pasti akan lamanya hubungan pertemanan tapi ya itulah yang bisa dilakukan. mungkin juga kurang berkesan atau kalo orang lain pikir mau sampe umur berapa kami main surprise-surprise an kayak gini, kami sih no comment kayak teh desi ratnasari. tapi nggak ada salahnya menyisihkan waktu dan uang untuk kesenangan sesaat. walau sekali lagi itu bukan ukuran rasa sayang kami satu sama lain (idiiih sayang sayang ilusiii kalik) tapi cukuplah untuk menunjukkan rasa kepedulian kami. yah semoga aja ndogodog bisa longlast sampe kakek-kakek nini-nini. biar ntar lucu aja, udah pada jompo masih main surprise-surprise an, trus mati gara-gara jantungan. hmmm ide bagus juga kan. siapa tau ntar masuk on the spot. 7 kematian terunik di dunia. bisya bisya.

No comments:

Post a Comment