Saturday 1 June 2013

Kisah Si Akar dan Si Kumis Tipis

udah masuk bulan juni aja ya. ini hari minggu pertama di bulan juni, dan langsung disambut oleh hujan deras sepanjang pagi. kemarin tanggal 28 saya habis ulang tahun loh, dan ternyata semakin tua perayaan ultah semakin biasa saja. ya walaupun lumayan sih ada roti tart dari kakak ipar saya, ada lilin nya segala lagi, tapi ya itu cuma syarat aja, nggak pake ada acara tiup lilin segala. ini lilin nya juga masih utuh di dalam plastik di atas meja kerja saya.
seperti biasa setiap weekend saya meluangkan waktu berkumpul atau bahasa jawanya hang out bareng temen-temen saya. semalam pun saya jalan-jalan malam bareng temen organisasi saya dulu. organisasi apa? pokoknya organisasi yang nggak ngurusin polotik, birokrasi, dan isinya cuma seneng-seneng lah. karena kami tergabung dalam....paduan suara...jreng-jreng. kemudian sepi.
ya begitulah manusia-manusia yang hobi nyanyi dan mayoritas stress dengan hidup mereka berkumpul dan berkarya menghasilkan paduan nada-nada yang merasuk hingga kejiwa. kemudian tambah sepi.
pada jaman saya dulu sih anak-anak paduan suara selain punya suara semerdu terompet sangkakala juga punya kepribadian masing-masing yang tidak kalah menariknya. tapi kalau boleh di istilahkan sih seperti ini, paduan suara kami memiliki penyanyi wanita dan penyanyi laki-laki yang berhati wanita. ya itulah salah satu indikator mengapa di paduan suara kami sering sekali terjadi selisih kewanitaan. pokoknya riweh lah kalau ngurusin yang namanya emosi wanita.
nah yang semalem kami bicarakan juga nggak jauh dari masalah kewanitaan. lebih tepatnya lelaki yang berhati wanita. nah, serunya lagi hal ini terjadi di sekitar kita. obrolan sih awalnya mengenai rekan kerja salah satu teman saya yang notabene nya adalah lelaki tapi doyan banget melakukan interaksi fisik dengan teman saya yang juga lelaki. yah mulai dari mainin pipi nya sampe dengan mainin kupingnya gitu lah. yah sebagai seorang seniman yang punya imaginasi luar biasa ya saya horor juga dengerin cerita temen saya itu.
nggak cukup sampe di situ aja sih, pembicaraan berlanjut ke gaya sms an si target obrolan. panggil saja namanya akar. nah, temen saya satu lagi yang kerja di bank langsung deh kepo in hp temen saya yang mengalami pelecehan seksual di dunia kerja itu. sms nya di bacain kenceng-kenceng, berasa pengumuman orang meninggal dari toa mesjid. nah, si akar ini gaya sms nya meledak-ledak dan penuh dengan kode rahasia.
yang awalnya si akar ini tersanjung banget gara-gara temen saya mau bales sms an nya. sampe mulai menjurus ke kata suka, sayang, dan kangen. hmmmm, apalagi coba yang harus diragukan lagi. nah, isengnya temen saya, si akar malah dikerjain. waktu itu ceritanya dia lagi sama temen ceweknya berdua, nah pas saat itu juga si akar ini sms kangen-kangen gitu. nah, dasarnya temen saya dan si cewek adalah pasangan cancer yang notabene nya juga kepo akhirnya dipancing-pancing lah ini si akar lewat sms. jadi waktu si akar seneng sms nya dibales, ternyata itu yang bales si cewek nya temen saya. ya gitu, sampe akhirnya ke gep kalo si akar ini udah bener-bener 'sakit'.
cerita punya cerita sih dulu si akar ini pernah punya pacar cewek. yang nembak sih si cewek itu, istilahnya sahabat jadi cinta lah. eh kok malah kemudian mereka putus, gara-gara si cewek mergokin si akar berduaan dengan cowok lain.hahaha, gimana nggak sakit coba.
menurut kesimpulan saya sih cowok-cowok penyuka sesama jenis akan tetap setia pada nalurinya sekalipun dia udah punya istri dan anak. yah contohnya aja tetangga sepupu saya. awalnya saya ketemu di angkot waktu jaman SMA. karena saya terinspirasi dengan kata-kata 'duduk di samping pak kusir yang sedang bekerja' dari sebuah lagu anak-anak ya udah saya duduk santai dong di sebelah pak supir.
kok tiba-tiba ada seorang pria setengah baya berkumis tipis, pendek, dan berlemak di berbagai sisi tubuhnya ikut-ikutan duduk di sebelah pak supir. jadinya sempit kan ya, emang sih kursi di bagian depan angkot biasanya buat orang tiga. saya pun memakluminya walau harus tahan napas karena saking sempitnya.
nah, disitulah saya mendapatkan pelecehan yang membuat saya agak takut dengan pria penyuka sesama jenis. ya intinya mereka juga manusia, urusan mereka mau menyukai siapa juga bukan urusan saya. tapi setidaknya jadilah pria terhormat karena tidak semua pria yang ada di dunia ini menyukai sesama.
usut punya usut ternyata si om-om berkumis itu adalah tetangga dari sepupu saya. rumah mereka hanya berjarak 3 rumah.
saya tahunya juga kebetulan. saya memang sering banget main kerumah sepupu saya. waktu itu rumahnya baru pindah agak jauh dari rumah saya. nah suatu ketika saya sama sepupu saya keluar beli jajanan di ruko pinggir jalan. karena kami pendukung 1000 langkah sehari akhirnya kami jalan kaki ke ruko. sudah mendapatkan apa yang diinginkan kami pulang dengan bahagia dong. dengan gembira, dan senyum lebar tersembul dari bibir. tapi nggak pake loncat-loncat sambil gandengan tangan loh ya.
pada saat pulang itu lah tiba-tiba sepupu saya di ajak ngomong sama tetangganya. setelah saya amat-amati dari berbagai sudut pandang, tuh om-om sama persis kayak yang di angkot tempo hari. langsung dong ya, dengan kekuatan bulan dan keadilan saya lari ngibrit masuk ke rumah sepupu saya.
sepupu saya kaget melihat lari saya yang sekencang copet tanah abang. saya pun cerita tentang kejadian di angkot ke dia. terus dia terbengong dan flash back pada kisahnya sendiri dengan tetangganya itu. ternyata sepupu saya tanpa sadar juga sering di kode dan di grepe-grepe. tuhkan, nakutin banget.
sampe tadi malem akhirnya saya berpikiran mau tinggal di tempat yang nggak kota-kota bangetlah buat menghindar dari pria-pria penyuka sesama yang semakin menjamur. mungkin Magelang tempat yang cocok bagi saya. karena saya pikir postur dan tingkah laku saya bisa membuat mereka berpikiran bahwa saya adalah salah satu dari mereka. serem juga kan lama-lama. yah itulah indonesia sekarang. gara-gara emansipasi wanita jadi pria mau menjadi wanita biar diberi hak yang sama dengan wanita. riweh kan ya, ya biarkanlah semua berkembang, yang penting saya menjalani hidup saya lurus-lurus aja, punya anak-anak yang sehat walau entah sama siapa dan konsentrasi menghidupi keluarga saya kelak. amien,

1 comment: