Thursday 29 August 2013

W(R)aiting List

           Selamat petang wahai para jomblowan-jomblowati yang berkilah nggak punya pacar gara-gara nggak mau pacaran dulu. bisa juga gara-gara mau konsen kuliah dulu, terus konsen nyekripsi, konsen kerja, sampe akhirnya dapet janda/duda kaya raya. amien.
           Malam ini agak ribet nih ya. bukan ribet masalah kehidupan saya yang emang udah nggak ketolong lagi, tapi ribet masalah nulis. bukan apa-apa. beberapa minggu yang lalu saya dapet komen dari temen saya tentang tampilan blog saya. yang katanya warnanya kurang cetar, bikin burem mata, dan sebagainya. ya udah deh akhirnya saya utak atik lah tampilan blog saya sampe sekarang jadi kelewat ulala begini.
           Tapi ternyata kritikan tidak berhenti disitu saja. beberapa hari kemudian ada lagi nih temen saya yang lain yang komen tentang penulisan saya. bukan masalah bahasa dan konten nya sih, tapi lebih kepada pembagian paragraf dan banyaknya baris per paragraf. nah maka dari itu saya sekarang nulis blog nya harus pake buku panduan menulis karya sastra. nggak ding. pokoknya intinya ribet lah nulisnya. tapi ya nggak papalah, masih ada yang perhatian ini, daripada nggak ada yang merhatiin. udah pacar nggak punya tulisan di blog juga nggak ada yang merhatiin. apes deh.
            Kalo ngomong masalah tulis menulis sih saya emang nggak jago. saya lebih ke asal-asalan dan curhat colongan sebenernya. tapi apa boleh buat, orang-orang pada suka baca kisah hidup saya. mungkin gara-gara langka ya, kisah hidup manusia rumpita syalalalalala. saya dari dulu emang suka nulis, selain menggambar, dan bermain bekel tentunya. saya inget banget dulu saya pernah buat buku cerita tentang ranger-ranger gitulah. pengennya sih buat cerita sailor-sailor an, tapi biar macho dikitlah, akhirnya saya angkat cerita ranger-ranger an.
            Dari situlah saya mulai menulis kisah fiktif yang sebenernya masih sangat terpengaruh oleh film di tv. karena hobi saya gambar, saya kasih deh tuh sisipan gambar nggak beraturan di beberapa lembar kertas. tapi naas, jaman SD dulu temen-temen lebih suka main lompat tali dan kejar-kejaran daripada baca tulisan saya. mungkin pengaruh juga ya sama tulisan tangan saya yang seabstrak perasaan kalian malam ini. eaaaa.
            Cerita berikutnya juga masih terpengaruh sama film kartun di tv. ceritanya ya tentang anak-anak yang punya peliharaan monster di komputer, lalu kemudian monster itu bisa keluar dan menjadi nyata. harap maklum lah, namanya juga cerita fiktif khayalan anak ingusan. nah bedanya, kalo cerita ini cukup banyak peminatnya. walaupun cuma anak-anak sekelas sih. tapi kan lumayan banyak juga, daripada nggak ada. hayo. lagipula saat itu saya buatnya komik, jadi tulisan saya yang acakadul nggak beraturan kayak kumisnya rio dewanto jadi lebih sedikit. paling juga temen-temen saya cuma lihat gambarnya, nggak baca ceritanya kayak apa. perduli apa mereka. hiks.
            Setelah jaman SD berakhir saya masuk ke area puberitas. sedikit nggak nyambung sih, tapi saya mulai dengan cerita cinta-cintaan. kayak uda pernah aja ngerasain cinta. ceritanya tentang anak basket yang didemenin sama cewek gagal gaul. yah masih berkiblat ke film drama di tv lah. tapi cerita ini nggak pernah selese. seinget saya sih bukunya saya buang.
            Oh iya, saya baru keinget. waktu SD juga saya pernah nulis cerita cinta-cintaan ding. ceritanya kurang lebih meteor garden gitulah. tahu dong drama taiwan meteor garden yang sangat hits di jamannya. nah saya sempet tuh buat cerita kayak gitu. dan bukunya berakhir di lapangan tenis tempat ayah saya biasa latihan tenis. niatnya sih, biar ditemuin sama orang, dibaca, kemudian di terbitkan ke majalah deh. jangan ketawa! maklumi aja napa, namanya juga impian absurd anak SD.
            Nah, ketika tinggal di Semarang mulai deh ni cerita saya sedikit berkembang. udah nggak niru film-film di tv lagi. tapi saya mulai menulis tentang kisah cinta teman-teman saya. udah keliatan sih bakat rumpi nya dari SMP. saya dulu pernah nulis cerita tentang kisah cinta temen organisasi pramuka saya. kurang penting emang, tapi ceritanya bagus loh. sungguh. menurut saya tapi.
           Entah kenapa dalam setiap cerita yang saya buat pasti ada karakter saya yang saya masukan ke dalam cerita. baik itu sebagai pemeran utama maupun sebagai pemeran pembantu utama. pokoknya harus ada saya lah di dalamnya. nah dari sanalah saya bisa mendapatkan inspirasi yang biasanya datang sebelum tidur malam. inspirasinya sih sekedar untuk membayangkan dan menentukan jalan cerita yang akan saya tulis berikutnya. kadang saya juga memperagakan dialog dan ekspresi setiap karakter sambil berbisik. jadi kalo denger saya ngomong sambil tidur, itu bukan lagi ngigau, tapi saya lagi buat cerita.
             Cerita itu lumayan disukai sama temen-temen saya yang notabene nya perempuan. kadang ini jadi modus tersendiri buat saya untuk mendekati perempuan idaman. walau hasilnya nihil kan yang penting sudah mencoba. aduh malah galau. lanjut. cerita paling kocak yang pernah saya buat waktu SMP itu judulnya High School kalo nggak salah. uniknya saya membuat cerita ini berdua alias duet sama temen sebangku saya.
             Temen sebangku saya itu namanya sofi, orangnya periang dan overdosis gula, jadinya nggak bisa diem. dia juga punya hobi buat cerita sama gambar komik, sebelas dua belas lah sama saya. nah karena kebetulan kami sebangku dan berhobi sama, ya udah jadilah kami duet maut dalam membuat cerita. ceritanya ya suka-suka, dia mau nulis apa saya mau nulis apa ya terserah. kadang kami malah bikin gambar komik di tengah-tengah cerita. bebas. yang penting tokoh utamanya cuma dua, saya sama si sofi itu.
             Nah saking banyaknya temen-temen yang doyan baca cerita kami yang kocak bak penari kecak, sampe-sampe buku cerita itu hilang. ada yang bilang terakhir dibawa inilah, dibawa si anulah, pokoknya nggak terlacak deh sampe akhirnya kami lulus SMP.
             Kalo buku yang masih ada sampe sekarang ya cuma SMA I'm In Love sama Double Barreled-Riffle (Senapan Kembar). SMA im in love saya buat waktu kelas 3 SMP. kalo yang ini pake tokoh anak-anak sekelas. ceritanya 100% ngarang dan nggak ada hubungannya sama Eiffel im in love sama sekali. saking banyaknya yang doyan baca buku ini saya sampe buat yang versi keduanya. duileh udah kayak sinetron Indonesia aja ya. mungkin kalo dulu saya nggak keburu lulus bisa sampe seri kesepuluh tuh SMA im in love. macam tersanjung aja.
             Jaman SMA saya jadi lebih sering nulis. apalagi waktu itu saya aktif di majalah sekolah. kebanyakan sih cerita pendek sama komik selembar dua lembar gitu deh. saya pertama kali punya komputer pribadi itu waktu jaman SMA. jadi saya meninggalkan gaya menulis tangan, bukan karena alasan modernisasi, tapi alasan kelayakan dan mengurangi resiko katarak mata bagi para pembaca.
             Cerita panjang yang saya tulis waktu SMA sih ada, judulnya Panic Evolution. waktu itu saya nulisnya sama kedua sepupu saya yang jadi sepupu saya juga di dalam cerita. ceritanya fiktif sekali, penuh buaian dan fatamorgana. ide pokoknya adalah tentang sebuah negara antah berantah yang diserang oleh alien. menurut saya ceritanya sih bagus, tapi lagi-lagi bahasa saya yang ruwet membuat cerita ini susah dipahami. tapi alhamdulillah cerita ini selesai loh, sudah tamat, walau belum ada yang sudi membacanya.
             Cerita yang kedua yang saya post di blog Storyofversus.blogspot.com juga saya tulis dari jaman SMA. namun baru selesai waktu jaman kuliah. namanya juga penulis amatir jadi ya nulisnya suka-suka udel saya aja. mumpung saya punya udel.
             Mungkin itu tadi list cerita yang pernah saya buat. walau tidak ada satu pun yang muncul di media publik tapi nggak papa lah. itung-itung biar saya keliatan berwawasan sedikit lah bisa nulis cerita begituan. walaupun ceritanya nggak jelas yang penting masa depan saya jelas lah ya. amien. jangan lupa sikat gigi sebelum tidur. tabik! wassalam.

1 comment: